ANIMASI2

animasi bergerak naruto dan onepiece

SELAMAT DATANG DI BLOG RPL

Selamat Datang di Blog Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

ANIMASI 3

animasi bergerak gif

Senin, 21 September 2015

Administrasi Basis Data 01

Maetri 02

Arsitektur DBMS Enterprise


Pengertian DBMS (Database Management System)

Data merupakan item-item mengenaisesuatu, kejadian, aktivitas, dantransaksi yang direkam, diklasifikasikan, dan disimpannamuntidakdiorganisasiuntukmenyampaikansemuamaknaspesifik. Item data dapatnumerik, alphanumerik, gambar, suara, atau image. Sedangkan Informasimerupakandata yang telahdiorganisasidalamsebuahcara yang membuatmerekabermaknabagipenerima.
Database atau basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data.Database Management System (DBMS) merupakan suatu sistem perangkat lunak yang memungkinkan user (pengguna) unutuk membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses database secara praktis dan efisien.

Contoh DBMS
Beberapa contoh DBMS yang populer digunakan, anatar lain;


  • DB2
  •  Microsoft SQL Server
  •  Oracle
  •  Sybase
  •  Interbase
  •  Teradata
  •  Firebird
  • MySQL
  •  PostgreSQL


Komponen Arsitektur DBMS
Dalam pembuatan DBMS diperlukan beberapa komponen fungsional penyusunnya sebagai berikut:


·   1. Database Engine
Adalahlayananintiuntukpenyimpanan, pengolahandankeamanandata.
Memberikanaksesterkontroldanpemrosesantransaksicepatuntukmemenuhipersyaratandata yang dibutuhkanuntukdigunakanperusahaan. Digunakanuntukmenciptakanrelational databasesuntukproses transaksionlineatauanalisisonline pemrosesandata, mencakuppembuatantableuntukmenyimpandata danobjekdatabasesepertiindeks, view, danprosedurpenyimpanan untukmelihat, mengaturdanmengamanakandata.

·   2. Data Dictionary
Data dictionary merupakanrepresentasidatabase padadata, table data yang mendefinisikansemuaskemaobjektermasukview, tabel, cluster, indeks, urutan, sinonims, prosedur, kemasan, fungsi, pencetus, dll.Data dictionary biasanyahanyabiasdibaca, tidakdapatdiubah.Data Dictionary, terdiriatas:informasidesaindatabase. ProsedurpenyimpananSQL, ijinpengguna, statisticpengguna, informasipemrosesandatabase, databasepertumbuhanstatistik, database statistickinerja

3. Query Processor

Query processor menerimasintaksSQL, memilihrencanasebuaheksekusisintakskemudianmengeksekusipemilihanrencana.Query processor mengisolasipenggunadaridetileksekusi: penggunamendapatkanhasildanquery processormenentukanbagaimanahasiltersebutdiperoleh.Query processor berisikomponen: DDL interpreter, DML compiler danQuery evaluation engine.



·   4. Report Writer/ Report Generator

Merupakansebuahprogram, biasanyamerupakanbagiandariDBMS, yang mengekstrakinformasidarisatuataulebihfile danmenampilkaninformasikedalamsebuahformat khusus.

Istilah dalam Database


kode
nama
alamat
0001
BUDI
JAKARTA
0002
AMIN
BANDUNG
0003
UJANG
JAKARTA

a)    Table
b)    Field
c)    Record
d)    Key
e)    SQL (Query)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar